Pages

Jumat, 01 Juni 2012

Best Language In The World

Bahasa apakah yang merupakan bahasa terbaik di dunia? Yah, nggak salah lagi, yaitu bahasa Arab. Buktinya Allah SWT berkenan berbicara kepada umat manusia dengan bahasa Arab melalui Al-Quran. Jadi bahasa arab itu memang special banget.


Tidak heran, kenapa bahasa Arab terpilih menjadi bahasa Al-Quran, sebab bahasa Arab mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lain di dunia. Pakar-pakar baik barat maupun orang muslim menganggap bahasa Arab sebagai bahasa yang memiliki standar ketinggian dan keelokan linguistik tertinggi yang tiada taranya.

Kelebihan bahasa Arab yang paling kentara adalah kosakatanya yang melimpah dan kaya. Menurut para pakar, kosakata dalam bahasa Aran tercatat sejumlah 25 juta. Bahasa Arab luas dalam kata Kerja, asal kata, dan susunan kalimatnya. Contohnya kata sifat “good” dalam bahasa Inggris atau “Jayyid” dalam bahasa Arab, di mana keduanya memiliki kesamaan dalam pengucapannya, yang artinya bagus. Akan tetapi kita akan mendapatkan kata lain yang merupakan derivasi (penyimpangan, yang berbeda) dari kata “jayyid” tersebut, yaitu Al-Jaud, Al-Jaudah, Al-Ijadah, Yujiidu, Yajudu, Jawaad, Jiyaad, dan lain sebagainya. Akan tetapi kita tidak menemukan kosakata lain yang berasal dari kata “good”.

Bahasa Arab juga memiliki sinonim yang paling menakjubkan. Muhammad bin Ya’qub, pengaran kamus al-muhiith, menerangkan bahwa ada kurang lebih 1000 kosakata yang menunjuk ke makna pedang dan ada 5644 kosakata yang menunjuk ke makna unta dan keadaan-keadaannya. Salah satu sebabnya karena bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat tua, tapi masih tetap digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi sehari-hari.

Karena luasnya padanan kata dala bahasa Arab, maka tidak jarang bahasa lain pun meminjam kosakata dari bahasa Arab. Misalnya, kata sugar dalam bahasa Inggris, ternyata diserap dari bahasa Arab sukkar, kata cotton berasal dari qutn, dan magazine dari kata mahazin. Kosakata bahasa Arab yang diserap oleh bahasa Spanyol bahkan lebih banyak lagi. Selain Inggris dan Spanyol, bahasa lain yang menyerap bahasa Arab diantaranya bahasa Perancis, Portugis, Catalan, Sicilian, Swahili dan lain-lain. Belum termasuk bahasa-bahasa di negeri yang berpenduduk muslim.

Keajaiban lainnya, setiap huruf dalam bahasa Arab mempunyai arti tersendiri. Misalnya huruf ha’, yang memilki konotasi kepada sesuatu yang tajam dan panas, seperti Al-Hummaa (penyakit panas,  demam), Al-Haraara (panas), Al-Hurr (yang bebas dan merdeka), dan lain-lain.
Sedangkan huruf kha’ justru mempunyai konotasi kepada segala sesuatu yang tidak disukai atau dihindari, seperti dalam kata Al-Khauf (ketakutan), Al-Khisyu (kehinaan), Al-Khajal (malu), Al-Khinayaanah (penghianatan) dan lain-lain.

-bentuk kata dalam Bahasa arab mempunyai tasrif (konjungsi), yang amat luas hingga mencapai 3000 bentuk perubahan, yang tidak bias dijumpai dalam bahasa lain. Selain kekayaanya, keunggulan bahasa Arab yaitu pada pengertian-pengertian niskala (abstrak) dan ketepatan makna serta kemungkinan pembentukan kata turunan. 

0 komentar:

Posting Komentar