Pages

Jumat, 01 Juni 2012

Rambut Juga Butuh Makanan Sehat

Salah satu hal yang palin penting dan sangat menunjang penampilan kamu adalah rambut. Rambut juga dianggap sebagai mahkota wanita karena dapat mempercantik penampilan mereka. Tapi, apa yang akan kamu lakukan kalau keindahan rambutmu semakin lama semakin memudar akibat kamu suka cuek sama kondisinya. Pastinya, jalan tengah produk-produk kimia bakalan kamu tempuh, dengan harapan bias menyelamatkannya. Tapi, gga ada gunanya menggunakan produk aneka produk perawatan rambut, kalau sel-sel rambut kamu terlanjur rusak.
Tapi jangan hawatir, karena kamu masih bias merangsang sel-sel baru untuk tumbuh kok. Salah satunya, dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki  nutrisi tepat buat rambut. Penasaran kan, apa-apa aja makanan alami untuk menghadapi masalah rambut kamu? Yuk kita baca bareng-bareng


RAMBUT RAPUH
Rambut, hamper seluruhnya dibangun oleh keratin. Nah, makanya begitu jumlah keratinnya berkurang, otomatis rambut menjadi rapuh. Jadi, protein adalah sumber keratin yang paling utama. Dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, dijamin mengembalikan kekuatan rambut kamu.
Sumber protein hewani, seperti telur dan  ikan adalah pilihan yang baik dan boleh banget kamu jadiin andalan. Telur dan ikan, seringkali dikenal sebegai “sumber protein utuh” karena kandungan aminonya.  Selain kedua makanan tadi, kamu juga bisa ngedapetin sumber protein nabati dari kacang-kacangan.

KETOMBE
Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum dan sering banget ditemukan. Pastinya malu dong, kalo udah berhadapa sama ketombe nakal ini. Nah kemunculan si ketombe ini menimbulkan rasa gatal dan bisa menyebabkan kerapuhan pada rambut. Buat nagatasin problem rambut berketombe, mengkonsumsi omega 3 bisa menjadi solusi paling ampuh.
Kegunaan omega 3, dapat membuat tubuh memproduksi pelembab alami untuk kulit, termasuk kulit kepala. Sehingga, kekerinagn kulit kepala tidak akan muncul dan masalah ketombe dijamin jauh-jauh dari kita. Omega 3 ini bisa kamu dapetin dari telur ayam, bberbagai jenis ikan seperti makarel, salmon, dan tuna.

RAMBUT RONTOK
Emang sih, rambut rontok apalagi yang lebay kadang bikin kita panik bukan kepalang. Karena jumlah rambut rontok yang terus bertambah akan membuat rambut semakin menipis. Kerontokan rambut bisa diakibatkan karena nutrisi yang ada di tubuh gga bisa sampe secara merata ke rambut.
Hal ini bisa disebabkan karena kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah akan membuat oksigen yang bertugas untuk nganterin nutrisi ke seluruh tubuh akan berkurang. Untuk menmbah produksi sel darah merah, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Dan kamu bisa ngedapatinnya dari aneka sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dll.

RAMBUT TIPIS
Setiap manusia pasti memiliki helai rambut yang berbeda-beda jumlahnya. Nah, buat kamu yang memiliki diameter rambut yang tipis, akan mengakibatkan cepat patah dan rapuh. Buat nagatasinnya, sel-sel rambut harus diperkuat. Vitamin C yang ada di sayuran dan buah-buahan dapat membantu bikin rambut tebal dan kuat.
Fungsi dari vitamin C adalah membuat rambut menyerap zat besi lebih maksimal. Nah, dengan zat besi yang cukup, maka rambut juga bakalan ngedapetin nutrisinya secara maksimal. Kalau nutrisinya udah terpenuhi, maka secara otomatis sel-selnya menjadi lebih kuat dan pastinya bakalan membuat rambut kamu tambah tebal.

PERTUMBUHAN RAMBUT LAMBAT
Buat kamu yang punya tipikal susah manjangin rambut, jangn sdih dulu. Itu tandanya asupan vitamin B kompleks di dalam tubuh kurang. Vitamin B kompleks terdiri dari folate, biotin, vitamin B6 dan B12. Nutrisi-nutrisi itulah yang nantinya bakal meransang sel pertumbuhan rambut menjadi aktif.
Asupan vitamin B kompleks bisa kamu dapatkan dari makanan sehat seperti asparagus, alpukat, kentang, hati sapid an gandum. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tadi, asupan vitamin yang kamu butuhkan akan terpenuhi.

RAMBUT RUSAK
Secara gonta-ganti warna rambut lagi nge-hits banget, kamu jadi malah ikut-ikutan ngewarnain rambut. Salah satu penyebab rambut rusak bisa jadi karena pemakaian bahan kimia berlebiahan (obat keriting, obat untuk meluruskan rambut, dan cat rambut) atau penggunaan pengering rambut yang terlalu sering dan berlebihan.
Buat mengembalikan keindahan dan kelembutan rambut kamu, ada baiknya menyantap makanan yang mengandung mineral-mineral seperti zinc dan copper. Karena zinc bisa mengembalikan jaringan rambut yang rusak. Sedangkan copper dapat mencegah timbulnya rambut putih alias uban.

RAMBUT KERING DAN KUSAM
Ternyata rambut kering dan kusam punya korelasi, alias hubungan yang kuat. Karena rambut kering secara gga langsung akan membuat penampilan si rambut tampak kusam. Nah buat ngembaliin kelembapan alami rambut bisa dilakukan dengan mudah. Caranya, dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.
Serunya, gga cumin rambut yang akan terlihat lebih indah, tapi kulit kamu pun akan terlihat lebih indah dan terjaga kelembapannya. Walaupun murah dan mudah didapat, ternyata air putih punya banyak manfaat yang sangat membantu kita.

0 komentar:

Posting Komentar