Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Komponen Komponen Yang Terlibat Dalam Seminar

Pada suatu kesempatan, mungkin ada dari antara kamu yang pernah menyaksikan atau mengikuti seminar. Dalam acara seminar biasanya ada beberapa komponen yang terlibat. Sudaryanto menjelakan bahwa komponen yang terlibat dalam seminar adalah pemrasaran, pembahas, moderator, notulis (sekretaris), dan peserta diskusi. Brikut adalah penjelasan dari komponen-komponen tersebut:
1.Pemrasaran
Pemrasaran disebut juga pembawa makalah, penyaji, atau pembicara dalam sebuah seminar, dan umumnya perorangan. Tugasnya adalah menjelaskan makalah dengan penekanan pada hal-hal yang dianggap penting.
2.Pembahas
Pembahas pada seminar ada dua macam, yaitu :
a.Pembahas utama yang biasanya hanya seorang
b.Pembahas umum, yaitu semua orang yang hadir dalam seminar.Pembahas utama bertugas sebagai pembahas secara keseluruhan makalah yang dibuat pemrasaran, baik isi, sistematika, maupun pengungkapannya. Adapun pembahas umum tugasnya cukup membahas segi-segi tertentu yang menarik atau hal-hal yang belum tentu terungkapkan oleh pembahas utama.
3.Moderator
Seperti halnya dalam kegiatan diskusi yang lain, moderator bertugas mengetahui aturan berdiskusi, membuka diskusi, mengatur jalannya diskusi, menyimpulkan diskusi, dan menutup diskusi.
4.Sekretaris (Notulis)Sekretaris diskusi, bertugas menulis hal-hal yang pokok dalam setiap pembicaraan.
5.Peserta diskusi
Peserta diskusi, memiliki tugas untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan jalan mencari keterangan yang bertalian dengan masalah yang akan didiskusikan. Dalam pelaksanaanya, peserta harus mendengarkan pembicaraan secara partisipatif dan interaktif.
Sebelum seminar dimulai, biasanya moderator memperkenalkan terlebih dahulu riwayat hidup pembicara. Pokok yang diperkenalkan kepada peserta biasanya riwayat pendidikan terakhir yang dicapainya, profesinya, keaktifan dalam lingkungan bekerjanya, dan karya-karya yang telah dibuatnya.
Setelah itu, pembicara atau pemrasaran membacakan atau membahas makalahnya. Selama pembahasan makalah, para peserta berusaha mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pemrasaran. Kemudian, dilanjutkan dengan tanya jawab atau memberikan respons terhadap isi makalah.


1 komentar:

Didik Saputra mengatakan...

i love you

Poskan Komentar